KISI - KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jenis Sekolah | : | Sekolah Menengah Pertama |
|
|
|
|
| Jumlah Materi | : 45 Pilihan Ganda |
|
|
Mata Pelajaran | : | TIK |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| : 5 Uraian |
|
|
Kurikulum | : | KTSP |
|
|
|
|
|
|
|
| Penyusun |
| : MGMP TIK SMP |
|
|
Alokasi Waktu | : | 90 Menit |
|
|
|
|
|
|
|
|
| Kabupaten Banyumas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No. | Kompetensi yang diujikan | Kelas | Materi | IndIkator | Nomor | Jenis |
Smt | Soal | Soal |
1 | Mengidentifikasi berbagai peralatan | VII | - Peralatan teknologi informasi | - | Siswa mampu menyebutkan fungsi perangkat | | | | 1 | PG |
| teknologi informasi dan komunikasi | Gasal | dan komunikasi. | | | lunak. | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | Mendeskripsikan sejarah | | VII | - Sejarah perkembangan teknologi | - | Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri komputer | 2 | PG |
| perkembangan TIK | | | Gasal | informasi dan komunikasi | | generasi pertama | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | Mengidentifikasikan berbagai | | VII | - Keuntungan perkembangan tik | - | Siswa mampu menyebutkan 5 perangkat keras yang | 1 | Uraian |
| keuntungan dan kerugian dari | | Gasal | - Dampak komputer pada | | terdapat pada komputer. | | | |
| peralatan teknologi informasi | | | kesehatan | | | | | | | | | |
| dan komunikasi | | | | | - Undang-undang Hak Cipta. | - | Siswa mampu mengidentifikasi keuntungan | 3 | Uraian |
| | | | | | | | | | | perkembangan teknologi | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | Mengidentifikasi berbagai komponen | VII | - Alat Input | | | - | Siswa mampu menyebutkan fungsi dari monitor. | 4 | PG |
| perangkat keras komputer. | | Genap | a. Fungsi | | | | | | | | | |
| | | | | | | b. Bentuk fisik input | | - | Siswa mampu mengidentifikasi piranti yang digunakan | 5 | PG |
| | | | | | | c. Fungsi alat input | | | untuk mengetik di komputer. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | - Alat Output | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi alat untuk menyimpan | 6 | PG |
| | | | | | | a. Monitor | | | | data. | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi cara untuk menjaga | 7 | PG |
| | | | | | | | | | | kesehatan mata dengan menghindari penggunaan | | |
| | | | | | | | | | | teks dengan warna tertentu. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan undang-undang Hak | 8 | PG |
| | | | | | | | | | | Cipta. | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
No. | Kompetensi yang diujikan | Kelas | Materi | Indikator | Nomor | Jenis |
Smt | Soal | Soal |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan langkah untuk | 9 | PG |
| | | | | | | | | | | mengidentifikasi program. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan termasuk | 10 | PG |
| | | | | | | | | | | dalam program pengolah kata. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
4 | Mengidentifikasi menu dan icon pada | VIII | - Menu File | | - | Siswa mampu menyebutkan langkah merekam | 11 | PG |
| perangkat lunak pengolah kata. | | Gasal | a. Save | | | | semua naskah / data yang telah diketik di dalam | | |
| | | | | | | - Menu Insert | | | disket atau hardisk. | | | | |
| | | | | | | a. Clip art | | | | | | | | | |
| | | | | | | b. Word art | | - | Siswa mampu mengidentifikasi icon yang merupakan | 12 | PG |
| | | | | | | c. Simbol | | | | perintah pengaturan paragraf rata kanan kiri. | | |
| | | | | | | - Menu Format | | | | | | | | |
| | | | | | | a. Paragraf | | - | Siswa mampu mengidentifikasi menu yang merupa- | 13 | PG |
| | | | | | | b. Bullet and numbering | | kan perintah untuk membuat garis bawah teks pada |
| |
| | | | | | | - Menu View | | | ms-word. | | | | | |
| | | | | | | a. Drop Cap | |
|
|
|
|
| | |
| | | | | | | b. Header and Footer | | - | Siswa mampu mengidentifikasi tool yang merupakan | 14 | PG |
| | | | | | | - Toolbar Formating | | | perintah untuk pemberian nomor secara otomatis. | | |
| | | | | | | a. Underline | | | | | | | | |
| | | | | | | - Toolbar Drawing | | - | Siswa mampu menyebutkan huruf pertama diawal | 15 | PG |
| | | | | | | a. Line | | | | naskah yang dicetak lebih besar dari teks lainnya. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah | 16 | PG |
| | | | | | | | | | | untuk membuat header and footer. | | € |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan lambang atau simbol | 17 | PG |
| | | | | | | | | | | suatu perintah. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi menu untuk penyim- | 18 | PG |
| | | | | | | | | | | panan data pada ms-word. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi menu pada program | 19 | PG |
| | | | | | | | | | | ms-word yang terdapat gambar animasi. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
No. | Kompetensi yang diujikan | Kelas | Materi | IndIkator | Nomor | Jenis |
Smt | Soal | Soal |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi icon yang merupa- | 20 | PG |
| | | | | | | | | | | kan fasilitas untuk menggambar sebuah obyek garis | | |
| | | | | | | | | | | pada ms-word. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi langkah menyisipkan | 21 | PG |
| | | | | | | | | | | word art. | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi langkah klik insert- | 22 | PG |
| | | | | | | | | | | picture-clipart-go. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi langkah klik insert- | 23 | PG |
| | | | | | | | | | | picture-wordart. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi cara yang dapat | 24 | PG |
| | | | | | | | | | | digunakan untuk menjalankan programms-excel. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
5 | Mengidentifikasi menu dan icon pada | VIII | - Langkah menjalankan progam | - | Siswa mampu menyebutkan lembar kerja utama | 25 | PG |
| perangkat lunak pengolah angka. | | Genap | ms-excel. | | | | pada layar ms-excel. | | | | |
| | | | | | | - Lembar kerja ms-excel | |
|
|
|
| |
| |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi tombol yang diguna- | 26 | PG |
6 | Menjelaskan fungsi menu dan icon | VIII | - Fungsi tombol delete | | | kan untuk menghapus isi sel. | |
| |
| pada perangkat lunak pengolah | | Genap | - Lembar kerja ms-excel | | | | | | | | |
| angka. | | | | | | a. Range | | | - | Siswa mampu menyebutkan yang merupakan | 27 | PG |
| | | | | | | b. Cell | | | | kumpulan dari beberapa sel. | | | |
| | | | | | | - Menu Format | | | | | | | | |
| | | | | | | a. Currency | | - | Siswa mampu menyebutkan yang merupakan | 28 | PG |
| | | | | | | b. Border | | | | pertemuan antara baris dan kolom. | | |
| | | | | | | c. Merge Cell | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi langkah mengatur | 29 | PG |
7 | Membuat dokumen pengolah angka | VIII | - Fungsi Statistik | | | tanda rupiah untuk data yang berupa uang. | | |
| sederhana. | | | | | Genap | - Fungsi Rata-rata ( Average ) | | berupa uang. | | | | |
| | | | | | | - Fungsi IF | | | | | | | | | |
| | | | | | | - Menggunakan rumus dalam sel. | - | Siswa mampu menyebutkan langkah mem- | 2 | Uraian |
| | | | | | | | | | | buat format mata uang rupiah. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
No. | Kompetensi yang diujikan | Kelas | Materi | IndIkator | Nomor | Jenis |
Smt | Soal | Soal |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi kegunaan dari fungsi | 30 | PG |
| | | | | | | | | | | fungsi statistik SUM. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi fungsi yang diguna- | 31 | PG |
| | | | | | | | | | | kan untuk mencari nilai rata-rata. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi fungsi "if". | 32 | PG |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi menu format-cell | 33 | PG |
| | | | | | | | | | | yang digunakan untuk membuat garis pada seke- | | |
| | | | | | | | | | | liling sel. | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi tanda atau simbol | 34 | PG |
| | | | | | | | | | | yang digunakan untuk memulai menuliskan rumus. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi fungsi untuk meng- | 35 | PG |
| | | | | | | | | | | gabungkan sel dan data ketengah dalam satu baris. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
8 | Mengidentifikasi beberapa layanan | IX | - perangkat lunak yang digunakan | - | Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan contoh | 36 | PG |
| informasi yang ada di internet. | | Gasal/ | untuk akses internet. | | | program aplikasi untuk browsing internet. | | |
| | | | | | Genap | a. Browser | | | | | | | | |
| | | | | | | - Search Engine | | - | Siswa mampu menyebutkan mesin yang digunakan | 37 | PG |
| | | | | | | - HTML | | | | untuk mencari alamat website yang belum diketahui | | |
| | | | | | | - WWW | | | | diketahui alamatnya. | | | | |
| | | | | | | - E-mail | | | | | | | | | |
| | | | | | | - Download | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi yang merupa- | 38 | PG |
| | | | | | | - Upload | | | | kan salah satu website search engine, | | |
| | | | | | | - Syarat akses internet | | | | | | | | |
| | | | | | | - Pengertian internet | | - | Siswa mampu mengidentifikasi kepanjangan | 39 | PG |
| | | | | | | | | | | WWW. | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan yang merupakan | 40 | PG |
| | | | | | | | | | | proses pengambilan informasi dari internet. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
No. | Kompetensi yang diujikan | Kelas | Materi | IndIkator | Nomor | Jenis |
Semester | Soal | Soal |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi nama domain | 41 | PG |
| | | | | | | | | | | untuk pendidikan. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu mengidentifikasi kepanjangan | 42 | PG |
| | | | | | | | | | | dari HTML. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan fasilitas internet | 43 | PG |
| | | | | | | | | | | yang digunakan untuk mengirim dan menerima | | |
| | | | | | | | | | | surat. | | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan proses pengiriman | 44 | PG |
| | | | | | | | | | | informasi ke internet. | | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan istilah orang yang | 45 | PG |
| | | | | | | | | | | menggunakan internet. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan syarat yang diperlukan | 4 | Uraian |
| | | | | | | | | | | untuk melakukan akses internet. | | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
| | | | | | | | | | - | Siswa mampu menyebutkan kelebihan pemakaian | 5 | Uraian |
| | | | | | | | | | | e-mail dibandingkan dengan surat menyurat biasa. | | |
| | | | | | | | | | | | | | | | |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| Purwokerto, Januari 2011 |
| Mengetahui. |
|
|
|
|
| Mengetahui. |
|
|
|
|
|
|
|
| Bidang Pengembangan Kurikulum |
|
| Pembina MGMP TIK |
|
|
|
| Ketua MGMP TIK SMP |
|
| MKKS SMP Kabupaten Banyumas |
|
| Kabupaten Banyumas |
|
|
| Kabupaten Banyumas |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
| Drs. Deppi Supriyadi, MM.Pd |
|
| Rudy Kristanto,S.Pd |
|
|
| EkoYudi S,S.Kom |
|
|
| NIP. 19590501 197903 1 005 |
|
| NIP. 19560202 197803 1 009 |
|
| NIP. 19741208 200604 1 010 |
0 komentar:
Posting Komentar