ShoutMix chat widget
Bhokalor

17 Feb 2011

[Lanjutan] Kisi - Kisi US TIK III

KISI - KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2010 / 2011

















Jenis Sekolah :  Sekolah Menengah Pertama




Jumlah Materi : 45 Pilihan Ganda

Mata Pelajaran : TIK









: 5 Uraian

Kurikulum : KTSP







Penyusun
: MGMP TIK SMP

Alokasi Waktu : 90 Menit








  Kabupaten Banyumas

















No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Smt Soal Soal
1 Mengidentifikasi berbagai peralatan VII - Peralatan teknologi informasi - Siswa mampu menyebutkan fungsi perangkat       1 PG
  teknologi informasi dan komunikasi Gasal   dan komunikasi.     lunak.          
                                 
2 Mendeskripsikan sejarah    VII - Sejarah perkembangan teknologi - Siswa mampu menyebutkan ciri-ciri komputer 2 PG
  perkembangan TIK      Gasal    informasi dan komunikasi   generasi pertama        
                                 
3 Mengidentifikasikan berbagai    VII - Keuntungan perkembangan tik - Siswa mampu menyebutkan 5 perangkat keras yang 1 Uraian
  keuntungan dan kerugian dari   Gasal - Dampak komputer pada    terdapat pada komputer.      
  peralatan teknologi informasi       kesehatan                  
  dan komunikasi         - Undang-undang Hak Cipta. - Siswa mampu mengidentifikasi keuntungan  3 Uraian
                      perkembangan teknologi      
                                 
                                 
4 Mengidentifikasi berbagai komponen  VII - Alat Input     - Siswa mampu menyebutkan fungsi dari monitor. 4 PG
  perangkat keras komputer.   Genap   a. Fungsi                   
                b. Bentuk fisik input   - Siswa mampu mengidentifikasi piranti yang digunakan 5 PG
                c. Fungsi alat input     untuk mengetik di komputer.      
                                 
              - Alat Output     - Siswa mampu mengidentifikasi alat untuk menyimpan  6 PG
                a. Monitor       data.          
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi cara untuk menjaga 7 PG
                      kesehatan mata dengan menghindari penggunaan    
                      teks dengan warna tertentu.      
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan undang-undang Hak 8 PG
                      Cipta.          
                                 
No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi Indikator Nomor Jenis
Smt Soal Soal
                    - Siswa mampu menyebutkan langkah untuk  9 PG
                      mengidentifikasi program.      
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan termasuk 10 PG
                      dalam program pengolah kata.      
                                 
4 Mengidentifikasi menu dan icon pada VIII - Menu File    - Siswa mampu menyebutkan langkah merekam 11 PG
  perangkat lunak pengolah kata.   Gasal   a. Save       semua naskah / data yang telah diketik di dalam    
              - Menu Insert     disket atau hardisk.        
                a. Clip art                  
                b. Word art   - Siswa mampu mengidentifikasi icon yang merupakan 12 PG
                c. Simbol       perintah pengaturan paragraf rata kanan kiri.    
              - Menu Format                
                a. Paragraf   - Siswa mampu mengidentifikasi menu yang merupa- 13 PG
                b. Bullet and numbering   kan perintah untuk membuat garis bawah teks pada
 
              - Menu View     ms-word.          
                a. Drop Cap  




   
                b. Header and Footer   - Siswa mampu mengidentifikasi tool yang merupakan 14 PG
              - Toolbar Formating     perintah untuk pemberian nomor secara otomatis.    
                a. Underline                
              - Toolbar Drawing   - Siswa mampu menyebutkan huruf pertama diawal 15 PG
                a. Line       naskah yang dicetak lebih besar dari teks lainnya.    
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah 16 PG
                      untuk membuat header and footer.  
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan lambang atau simbol 17 PG
                      suatu perintah.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi menu untuk penyim- 18 PG
                      panan data pada ms-word.      
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi menu pada program 19 PG
                      ms-word yang terdapat gambar animasi.    
                                 
No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Smt Soal Soal
                    - Siswa mampu mengidentifikasi icon yang merupa- 20 PG
                      kan fasilitas untuk menggambar sebuah obyek garis    
                      pada ms-word.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah menyisipkan 21 PG
                      word art.          
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah klik insert- 22 PG
                      picture-clipart-go.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah klik insert- 23 PG
                      picture-wordart.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi cara yang dapat 24 PG
                      digunakan untuk menjalankan programms-excel.    
                                 
5 Mengidentifikasi menu dan icon pada VIII - Langkah menjalankan progam  - Siswa mampu menyebutkan lembar kerja utama 25 PG
  perangkat lunak pengolah angka.   Genap   ms-excel.       pada layar ms-excel.        
              - Lembar kerja ms-excel  



 
 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi tombol yang diguna- 26 PG
6 Menjelaskan fungsi menu dan icon VIII - Fungsi tombol delete     kan untuk menghapus isi sel.  
 
  pada perangkat lunak pengolah    Genap - Lembar kerja ms-excel                
  angka.             a. Range     - Siswa mampu menyebutkan yang merupakan 27 PG
                b. Cell       kumpulan dari beberapa sel.      
              - Menu Format                
                 a. Currency   - Siswa mampu menyebutkan yang merupakan  28 PG
                 b. Border       pertemuan antara baris dan kolom.    
                 c. Merge Cell                
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah mengatur 29 PG
7 Membuat dokumen pengolah angka VIII - Fungsi Statistik     tanda rupiah untuk data yang berupa uang.     
  sederhana.         Genap - Fungsi Rata-rata ( Average )   berupa uang.        
              -  Fungsi IF                  
              - Menggunakan rumus dalam sel. - Siswa mampu menyebutkan langkah mem- 2 Uraian
                      buat format mata uang rupiah.      
                                 
No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Smt Soal Soal
                    - Siswa mampu mengidentifikasi kegunaan dari fungsi 30 PG
                      fungsi statistik SUM.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi fungsi yang diguna- 31 PG
                      kan untuk mencari nilai rata-rata.      
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi fungsi "if". 32 PG
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi menu format-cell 33 PG
                       yang digunakan untuk membuat garis pada seke-     
                      liling sel.          
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi tanda atau simbol 34 PG
                      yang digunakan untuk memulai menuliskan rumus.    
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi fungsi untuk meng- 35 PG
                      gabungkan sel dan data ketengah dalam satu baris.    
                                 
8 Mengidentifikasi beberapa layanan IX - perangkat lunak yang digunakan - Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan contoh 36 PG
  informasi yang ada di internet.   Gasal/   untuk akses internet.     program aplikasi untuk browsing internet.     
            Genap   a. Browser                
              - Search Engine   - Siswa mampu menyebutkan mesin yang digunakan 37 PG
              - HTML       untuk mencari alamat website yang belum diketahui    
              - WWW       diketahui alamatnya.        
              - E-mail                  
              - Download     - Siswa mampu mengidentifikasi yang merupa- 38 PG
              - Upload       kan salah satu website search engine,    
              - Syarat akses internet                
              - Pengertian internet   - Siswa mampu mengidentifikasi kepanjangan 39 PG
                      WWW.          
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan yang merupakan  40 PG
                      proses pengambilan informasi dari internet.    
                                 
                                 
No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Semester Soal Soal
                    - Siswa mampu mengidentifikasi nama domain 41 PG
                      untuk pendidikan.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi kepanjangan  42 PG
                      dari HTML.        
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan fasilitas internet 43 PG
                      yang digunakan untuk mengirim dan menerima    
                      surat.          
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan proses pengiriman 44 PG
                      informasi ke internet.        
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan istilah orang yang 45 PG
                      menggunakan internet.      
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan syarat yang diperlukan  4 Uraian
                      untuk melakukan akses internet.      
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan kelebihan pemakaian 5 Uraian
                      e-mail dibandingkan dengan surat menyurat biasa.    
                                 
















































Purwokerto,       Januari 2011 

Mengetahui.




Mengetahui.







Bidang Pengembangan Kurikulum

Pembina MGMP TIK



Ketua MGMP TIK SMP

MKKS SMP Kabupaten Banyumas

Kabupaten Banyumas


Kabupaten Banyumas




















































Drs. Deppi Supriyadi, MM.Pd

Rudy Kristanto,S.Pd


EkoYudi S,S.Kom


NIP. 19590501 197903 1 005

NIP. 19560202 197803 1 009

NIP. 19741208 200604 1 010

0 komentar:

Posting Komentar

IP
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified