ShoutMix chat widget
Bhokalor

17 Feb 2011

[Lanjutan] Kisi - Kisi US TIK II

KISI - KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH TAHUN PELAJARAN 2009 / 2010

















Jenis Sekolah :  Sekolah Menengah Pertama




Jumlah Materi : 45 Pilihan Ganda
Mata Pelajaran : TIK









:   5 Uraian

Kurikulum : KTSP







Penyusun



Alokasi Waktu : 80 Menit




























No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Smt Soal Soal
1 Mengaktifkan komputer sesuai    VII - Peralatan teknologi informasi - Siswa mampu mengidentifikasi elemen perangkat 1 PG
  prosedur.         Gasal   dan komunikasi.     lunak.          
              - Komponen-komponen komputer.              
                    - Siswa mampu menyebutkan fungsi perangkat 2 PG
2 Melakukan operasi dasar pada    VII - Dampak negatif komputer    komputer yang digunakan untuk mengolah data.    
  operating sistem dengan sistematis. Gasal   terhadap kesehatan.                
              - Undang-undang Hak Cipta. - Siswa mampu menyebutkan 5 perangkat keras yang 1 Uraian
                      terdapat pada komputer.      
3 Mengidentifikasi berbagai komponen  VII - Alat Input                  
  perangkat keras komputer.   Genap   a. Fungsi      - Siswa mampu mengidentifikasi serangkaian mesin 3 Uraian
                b. Bentuk fisik input     elektronik yang terdiri dari ribuan bahkan jutaan    
                c. Fungsi alat input     komponen elektronik.        
                                 
              - Alat Output     - Siswa mampu menyebutkan fungsi dari monitor. 4 PG
                a. Monitor                  
                    - Siswa mampu mengidentifikasi piranti yang digunakan 5 PG
                      untuk mengetik di komputer.      
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi alat untuk menyimpan  6 PG
                      data.          
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi cara untuk menjaga 7 PG
                      kesehatan mata dengan menghindari penggunaan    
                      teks dengan warna tertentu.      
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan undang-undang Hak 8 PG
                      Cipta.          
                                 

















No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Smt Soal Soal
                    - Siswa mampu menyebutkan langkah untuk  9 PG
                      mengidentifikasi program.      
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan termasuk 10 PG
                      dalam program pengolah kata.      
                                 
4 Mengidentifikasi menu dan icon pada VIII - Menu File    - Siswa mampu menyebutkan langkah merekam 11 PG
  perangkat lunak pengolah kata.   Gasal   a. Save       semua naskah / data yang telah diketik di dalam    
              - Menu Insert     disket atau hardisk.        
                a. Clip art                  
                b. Word art   - Siswa mampu mengidentifikasi icon yang merupakan 12 PG
                c. Simbol       perintah pengaturan paragraf rata kanan kiri.    
              - Menu Format                
                a. Paragraf   - Siswa mampu mengidentifikasi menu yang merupa- 13 PG
                b. Bullet and numbering   kan perintah untuk membuat garis bawah teks pada
 
              - Menu View     ms-word.          
                a. Drop Cap  




   
                b. Header and Footer   - Siswa mampu mengidentifikasi tool yang merupakan 14 PG
5             - Toolbar Formating     perintah untuk pemberian nomor secara otomatis.    
                a. Underline                
              - Toolbar Drawing   - Siswa mampu menyebutkan huruf pertama diawal 15 PG
                a. Line       naskah yang dicetak lebih besar dari teks lainnya.    
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah 16 PG
                      untuk membuat header and footer.    
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan lambang atau simbol 17 PG
                      suatu perintah.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi menu untuk penyim- 18 PG
                      panan data pada ms-word.      
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi menu pada program 19 PG
                      ms-word yang terdapat gambar animasi.    
                                 

















No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Smt Soal Soal
                    - Siswa mampu mengidentifikasi icon yang merupa- 20 PG
                      kan fasilitas untuk menggambar sebuah obyek garis    
                      pada ms-word.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah menyisipkan 21 PG
                      word art.          
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah klik insert- 22 PG
                      picture-clipart-go.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah klik insert- 23 PG
                      picture-wordart.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi cara yang dapat 24 PG
                      digunakan untuk menjalankan programms-excel.    
                                 
5 Mengidentifikasi menu dan icon pada VIII - Langkah menjalankan progam  - Siswa mampu menyebutkan lembar kerja utama 25 PG
  perangkat lunak pengolah angka. Genap   ms-excel.       pada layar ms-excel.        
              - Lembar kerja ms-excel  



 
 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi tombol yang diguna- 26 PG
6 Menjelaskan fungsi menu dan icon VIII - Fungsi tombol delete     kan untuk menghapus isi sel.  
 
  pada perangkat lunak pengolah    Genap - Lembar kerja ms-excel                
  angka.             a. Range     - Siswa mampu menyebutkan yang merupakan 27 PG
                b. Cell       kumpulan dari beberapa sel.      
              - Menu Format                
                 a. Currency   - Siswa mampu menyebutkan yang merupakan  28 PG
                 b. Border       pertemuan antara baris dan kolom.    
                 c. Merge Cell                
                    - Siswa mampu mengidentifikasi langkah mengatur 29 PG
7 Membuat dokumen pengolah angka IX - Fungsi Statistik     tanda rupiah untuk data yang berupa uang.     
  sederhana.       Gasal - Fungsi Rata-rata ( Average )   berupa uang.        
              -  Fungsi HLOOKUP                
              - Menggunakan rumus dalam sel. - Siswa mampu menyebutkan langkah mem- 2 Uraian
                      buat format mata uang rupiah.      
                                 

















No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Smt Soal Soal
                    - Siswa mampu mengidentifikasi kegunaan dari fungsi 30 PG
                      fungsi statistik SUM.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi fungsi yang diguna- 31 PG
                      kan untuk mencari nilai rata-rata.      
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi fungsi HLOOKUP. 32 PG
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi menu format-cell 33 PG
                       yang digunakan untuk membuat garis pada seke-     
                      liling sel.          
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi tanda atau simbol 34 PG
                      yang digunakan untuk memulai menuliskan rumus.    
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi fungsi untuk meng- 35 PG
                      gabungkan sel dan data ketengah dalam satu baris.    
                                 
8 Mengidentifikasi beberapa layanan IX - perangkat lunak yang digunakan - Siswa mampu mengidentifikasi yang bukan contoh 36 PG
  informasi yang ada di internet.   Gasal/   untuk akses internet.     program aplikasi untuk browsing internet.     
            Genap   a. Browser                
              - Search Engine   - Siswa mampu menyebutkan mesin yang digunakan 37 PG
              - HTML       untuk mencari alamat website yang belum diketahui    
              - WWW       diketahui alamatnya.        
              - E-mail                  
              - Download     - Siswa mampu mengidentifikasi yang merupa- 38 PG
              - Upload       kan salah satu website search engine,    
              - Syarat akses internet                
              - Pengertian internet   - Siswa mampu mengidentifikasi kepanjangan 39 PG
                      WWW.          
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan yang merupakan  40 PG
                      proses pengambilan informasi dari internet.    
                                 
                                 

















No. Kompetensi yang diujikan Kelas Materi IndIkator Nomor Jenis
Semester Soal Soal
                    - Siswa mampu mengidentifikasi nama domain 41 PG
                      untuk pendidikan.        
                                 
                    - Siswa mampu mengidentifikasi kepanjangan  42 PG
                      dari HTML.        
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan fasilitas internet 43 PG
                      yang digunakan untuk mengirim dan menerima    
                      surat.          
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan proses pengiriman 44 PG
                      informasi ke internet.        
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan istilah orang yang 45 PG
                      menggunakan internet.      
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan syarat yang diperlukan  4 Uraian
                      untuk melakukan akses internet.      
                                 
                    - Siswa mampu menyebutkan kelebihan pemakaian 5 Uraian
                      e-mail dibandingkan dengan surat menyurat biasa.    
                                 




















































Mengetahui.




Mengetahui.







Pengawas Sekolah



Kepala Sekolah



Penyusun






































































     



 




 


NIP





NIP




NIP

0 komentar:

Posting Komentar

IP
English French German Spain Italian Dutch Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified